Air Terjun Tancak Kembar - Wisata Keren Dari Bondowoso

Air Terjun Tancak Kembar
Air Terjun Tancak Kembar
Wisata Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso , wisata alam yang satu ini terletak  di 24 km dari Bondowoso ke arah barat di desa  andung sari ,  kecamatan pakem , kabupaten bondowoso , provinsi Jawa Timur . air terjun yang tidak kalah indahnya dengan air terjun lainnya. Air terjun Tancak kembar ini memiliki keindahan yang luar biasa, disini anda kan mendapatkan atmosfir ketenangan yang berasal dari sejuknya udara sekitar serta gemericik air yang ditimbulkan dari dua buah air terjun kembar yang berdiri kokoh berdampingan ditengah rimbunnya pepohonan. Benar- benar suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari. Ketinggian dari Air Terjun ini mencapai  kurang lebih 77 meter.   Tempat wisata satu ini ramai akan wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand . Pemanfaatan air terjun sampai saat ini tidak hanya untuk tempat rekreasi saja, akan tetapi untuk sarana irigasi. Lokasi obyek ini didukung juga adanya pusat penelitian kopi arabica dan cacao seluas 180 Ha. Di balik keindahannya, terselip sebuah cerita yang berbau mistis. Tetapi legenda setempat
juga berpendapat bahwa sisi kiri air terjun dijaga oleh lelaki dan bagian kanan adalah para wanita. Hal ini diyakini bahwa jika pengunjung cuci mukanya di air terjun, kulit mereka akan tetap selalu muda dan konon limpah air terjun ini dapat menyembuhkan penyakit mata.

Harga tiket masuk ke  Wisata Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso , terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di suguhkan oleh  Wisata Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso , bukanlah hal yang murahan.Sangat di sayangkan jika anda berada di kota bondowoso , tidak menggunjungi wisata alam  yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya . Wisata yang sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda.

 Wisata Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap untuk anda yang  diantaranya :  Area Parkir kendaraan, Mushola, Kamar mandi / MCK, Rumah Makan, dan masih banyak lainya. Jadi tidak perlu risau ketika anda berlibur kesini.

Akses kendaraan menuju Desa Andungsari relatif mudah, karena sarana Jalan menuju kesana telah beraspal, walaupun beberapa tempat terdapat kerusakan yang lumayan parah. Kendaraan roda 4 hanya bisa sampai di depan Pintu Gerbang Pusat Penelitian Kakao milik PTPN. Disana terdapat (bekas) Tempat parkir dan kantor pengelola. Namun sayang kondisinya kurang terawat. Sebelum sampai di tempat Air Terjun Tancak kembar yang utama terdapat Air Terjun kecil yang tingginya kurang lebih 50 m, namun debitnya relatif kecil.


Jalan menuju lokasi air terjun merupakan jalan tanah sepanjang kurang lebih 2.5 KM disekelilingnya merupakan pemandangan alam yang sungguh luar biasa, Pegunungan Argopuro disisi barat dan lembah, ngarai dan perbukitan menemani di sepanjang perjalanan. Jangan berkunjung di saat musim penghujan karena selain jalan menuju kawasan wisata tancak kembar licin juga suhu di kawasan ini sangat dingin. Dan jika melakukan perjalanan menuju lokasi sebaiknya jangan terlalu siang dikarenakan jarak tempuh yang sangat memakan waktu, kawan bisa samapi terlalu malam di kawasan Air Terjun Tancak Kembar.

Comments

POPULER POST

Bukit Mondoleko - Wisata Hits Yang Harus Kamu Coba

Kesejukan Alami Air Terjun Temor Cora Yang Masih Perawan

Menikmati Indahnya Cinta di Mangrove Center Bengkak - Banyuwangi

Wisata Hutan Pinus Songgon - Spot Wisata Yang Lagi Hits di Banyuwangi

Air Terjun Kedung Angin - Surga Alam di kaki Gunung Ijen

Kesejukan Yang Menawan di Air Terjun Selendang Arum Banyuwangi

Pantai Sukamade Banyuwangi - Liburan Seru Melihat Penyu Bertelur

Melihat Ribuan Anak Penyu di Pantai Cemara Banyuwangi

Air Terjun Ledok Ombo dan Air Terjun Sumber Salak - Kabupaten Jember