Pantai Rajekwesi - Wisata Surga Tersembunyi Yang Sangat Indah

Pantai Rajekwesi
Pantai Rajekwesi
Kota Banyuwangi memang jadi favoritnya wisata di Jawa Timur. Promo yang gencar terus dilakukan pemerintah setempat dengan sejumlah event yang mereka adakan berhasil menarik wisatawan untuk berkunjung dan mengeskplor keindahan Kota Banyuwangi lebih mendalam lagi. sejumlah pantai di Banyuwangi yang memiliki keindahan yang tak kalah dengan daerah lain dan yang terpenting masih alami. Jadi pesona yang ditawarkan pun berlipat-lipat karena alamnya yang masih asri. Banyuwangi tak hanya punya pantai sukamade, maupun teluk hijau yang tampak bagai surga tersembunyi,
namun masih ada banyak wisata keren lainnya yang tak kalah indah salah satunya adalah pantai rajegwesi yang terletak diantara lokasi kedua tempat indah tersebut. Pantai Rajegwesi merupakan sebuah pantai indah yang terletak di Desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Rajegwesi ini juga merupakan pintu gerbang pertama untuk memasuki kawasan Taman Nasional Meru Betiri di Banyuwangi.

Nelayan Pantai Rajekwesi
Nelayan Pantai Rajekwesi

Pantai Rajegwesi memiliki ombak yang lebih kecil dibandingkan pantai di laut selatan pada umumnya. Hal ini dikarenakan dipantai ini terdapat batuan karang yang cukup tinggi yang berbentuk menyerupai tembok raksasa yang menghadang besarnya deburan ombak khas Samudera Hindia. Karenanya banyak penduduk di sekitar pantai yang menjadi nelayan dan bisa melaut dengan tenang. Jajaran perahu yang ada di bibir pantai semakin mewarnai pemandangan yang ada di Pantai Rajewgwesi. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna coklat karena tercampur dengan endapan lumpur sungai yang terbawa hingga sampai di laut. Karena banyaknya nelayan yang berlabuh di pantai ini, di pagi hari daerah di bibir pantai menjadi sibuk dengan keramaian pelelangan ikan yang dilakukan nelayan dan pembeli yang  ingin mendapatkan ikan-ikan segar hasil tangkapan mereka.

Pantai Rajekwesi
Pantai Rajekwesi


Asal muasal nama Rajegwesi sendiri jika kita telusuri lebih dalam akan memiliki kaitan dengan sistem pertahanan angkatan laut Jepang dimasa penjajahan Jepang. Dimana nama Rejegwsi berasal dari 2 kata dalam bahasa jawa, yakni kata "Rajeg" yang dalam bahasa Indonesia bermakna "Tiang Pancang". Serta kata "Wesi" yang dalam bahasa Indonesia bermakna "Besi". Hal ini karean di zaman dahulu Jepang pernah menancapkan tiang pancang yang terbuat dari kayu Jati (yang dahulu dipercaya setara dengan kekuatan besi) di kawasan perairan Teluk Rajegwesi. Dipantai ini batuan karang inilah yang disebut dengan Rajegwesi yang dalam bahasa jawa bermakna "Pagar Besi", dan setelah diteliti ternyata batu karang memang mengandung biji besi didalamnya. Dan warna kemerah-merahan pada batuan karang yang menyelimuti batuan karang menunjukkan bahwa terdapat sebuah karat, yang diakibatkan oleh proses kerosi oleh deburan air laut selama bertahun-tahun lamanya.

Sebagai bagian dari Taman Nasional Meru Betiri Pantai Rejegwesi juga memiliki kesamaan dengan Pantai Sukamade, yakni menjadi salah satu habitat penyu dan tempat penangkaran penyu. Di pantai ini kita akan dapat melihat proses penyu langka yang sedang bertelur, di antaranya penyu hijau, penyu belimbing, penyu slengkrah, serta penyu sisik. Dan Anda bisa menyaksikan bayi penyu yang sebelumnya sudah ditangkarkan dipantai Sukamade maupun Ketapang Banyuwangi yang akan dilepaskan ke arah pantai ini agar bisa tumbuh dan berkembang.


Rute Menuju Ke Pantai Rajeg Wesi
Melalui alur tersebut Anda akan sampai di Pantai Rejegwesi serta bila wisatawan melalui rute ini maka bisa dengan menggunakan kendaraan roda empat : yaitu Perjalanan dimulai dari Jember menuju ke Jajag sejauh 84 km dengan waktu tempuh yaitu selama 2 jam. Lalu Perjalanan dari Banyuwangi dilanjutkan menuju ke ke Jajag sejauh 65 km dengan waktu tempuh yang kurang lebih skitar 1 jam. Perjalanan dari Jajag menuju ke Rajegwesi sejauh 40 km dengan waktu tempuh yaitu selama 2 jam.

Arah Pantai Rajekwesi
Arah Pantai Rajekwesi

Setelah Anda sampai di Sarongan maka jalan yang Anda lalui akan relatif cukup mulus . Namun setelah Anda sudah meninggalkan Sarongan maka Anda akan melalui medan dari jalan yang akan mulai terasa menantang.
Karena Anda diharuskan untuk menempuh medan jalan dengan kondisi yang naik dan juga ada turunan , lalu juga berkelok-kelok serta memiliki jalanan setapak dengan tekstur permukaan jalan agak bergelombang dan berbatu serta sebagian lain sudah tidak beraspal lagi.


Bagi para petualang inilah sensasi yang sebenarnya dari arti sebuah penjelajahan alam untuk menemukan tempat yang eksotis. Dan Anda tak hanya akan dapat menikmati keindahan yang disajikan oleh pantainya saja akan tetapi juga Anda juga dapat menikmati unsur petualangannya. Anda ta perlu khawatir akan merasa bosan selama diperjalanan karena di sepanjang perjalanan Anda akan tersaji panorama alam pedesaan yang akan memanjakan mata serta menyejukkan hati anda. 


Akses Pantai Rajekwesi
Akses Pantai Rajekwesi

Maka bersiaplah untuk memasuki kawasan perkebunan yang cukup luas, yang dimulai dari perkebunan jati, perkebunan sengon, perkebunan coklat bahkan hingga perkebunan karet akan menemani perjalanan Anda di sebelah kanan kiri jalan yang Anda akan lalui.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Rajegwesi
untuk harga tiket masuk pantai rajegwesi ini maka tak perlu khawatir karena anda hanya akan merogoh kocek sedalam 10 ribu rupiah , tiket tersebut untuk per orang , dan jika membawa anak , maka anak dibawah 5 tahun tidak akan dikenai biaya , untuk parkirnya sendiri akan dikenai sebesar 2000 untuk motor dan sebesar 5000 untuk mobil


Comments

  1. Replies
    1. silahkan berlibur ke pantai rajekwesi banyuwangi

      Delete
  2. Indonesia kita indah banget banyak tempat yang asik untuk kita coba dan nikmati tidak terhitung tempat indah dan wisata yang tersebar di kota dan daera pedalaman bila teman" yang ingin liburan ke lembang bingung cari penginapan silahkan kunjungi http://infosewavilamurah.blogspot.co.id terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

POPULER POST

Bukit Mondoleko - Wisata Hits Yang Harus Kamu Coba

Kesejukan Alami Air Terjun Temor Cora Yang Masih Perawan

Menikmati Indahnya Cinta di Mangrove Center Bengkak - Banyuwangi

Wisata Hutan Pinus Songgon - Spot Wisata Yang Lagi Hits di Banyuwangi

Air Terjun Kedung Angin - Surga Alam di kaki Gunung Ijen

Kesejukan Yang Menawan di Air Terjun Selendang Arum Banyuwangi

Pantai Sukamade Banyuwangi - Liburan Seru Melihat Penyu Bertelur

Melihat Ribuan Anak Penyu di Pantai Cemara Banyuwangi

Air Terjun Ledok Ombo dan Air Terjun Sumber Salak - Kabupaten Jember

Air Terjun Tancak Kembar - Wisata Keren Dari Bondowoso